Sabtu, 13 Juni 2015

Cara Praktis Untuk Membuat Resensi Sebuah Buku

Melakukan penjajakan atau pengenalan buku yang diresensi harus meliputi beberapa hal. Hal pertama, Tema buku yang diresensi, serta deskripsi buku.

Hal kedua, Siapa penerbit yang menerbitkan buku itu, kapan dan di mana diterbitkan. Cantumkan berapa tebal (jumlah bab dan halaman), format hingga harga.

Hal ketiga, Siapa pengarangnya: nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan presentasi buku. Tuliskan juga karya apa saja yang telah ditulis sampai alasan mengapa pengarang tersebut menulis buku itu.

Hal keempat, Penggolongan / bidang kajian buku itu. Kajian buku: ekonomi, teknik, politik, pendidikan, psikologi, sosiologi, filsafat, bahasa, sastra, dll.

Baca buku yang akan diresensi secara menyeluruh, cermat, dan teliti. Peta permasalahan dalam buku itu perlu dipahami dengan tepat dan akurat. Tandai bagian-bagian buku yang memerlukan perhatian khusus. Tentukan bagian-bagian yang akan dikutip sebagai data acuan.

Buatlah sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi. Tentukan sikap atau penilaian terhadap elemen-elemen yang berkaitan.

Elemen 1: Organisasi atau kerangka penulisan. Bagaimana hubungan antar bagian satu dengan lainnya, bagaimana sistematika, dan dinamikanya.

Elemen 2: Isi dari pernyataan buku tersebut; Bagaimana bobot idenya, seberapa kuat analisanya. Bagaimana kelengkapan penyajian datanya, & bagaimana kreativitas pemikirannya.

Elemen 3: Bahasa; bagaimana ejaan yang disempurnakan diterapkan, bagaimana penggunaan kalimat. Bagaimana ketepatan pilihan kata di dalamnya, terutama untuk buku-buku ilmiah.

Elemen 4: Aspek teknis; bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah. Bagaimana kerapian dan kebersihan, dan kualitas cetakannya (apakah ada banyak salah cetak).

Sebelum melakukan penilaian, sebaiknya buatlah dulu semacam garis besar (outline) dari resensi itu. Outline akan sangat membantu anda ketika menulis. Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan menggunakan dasar-dasar & kriteria-kriteria yang telah anda tentukan sebelumnya.
sumber: @DeltaSaputraID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar