Sabtu, 27 Juni 2015

Dampak Negatif Kartu Kredit Yang Harus Dihindari

Hasil gambar untuk dampak negatif kartu kreditDalam setiap hal selalu ada sisi positif dan negatifnya, begitu pula dengan kartu kredit. Meskipun memiliki kartu kredit terlihat menguntungkan, namun ada juga dampak negatif dari produk perbankan ini. Maka dari itu, Anda harus bersikap ekstra hati-hati ketika Anda berurusan dengan kartu kredit.

Banyak kisah tentang dampak negatif yang ditimbulkan dari pemakaiannya. Mulai dari hal yang sepele hingga yang berbahaya. Berikut dampak negatif dari kartu kredit yang harus Anda hindari.

1. Kartu Kredit membuat Anda tidak sadar kemampuan diri. Segala kemudahan dalam bertransaksi dengan kartu kredit membuat Anda seringkali lupa batas keuangan Anda. Dengan mudah Anda menggesekkan kartu plastik itu tanpa memikirkan berapa banyak uang yang masih Anda miliki. Ini akan membuat utang Anda tertumpuk terus menerus sampai jadi besar dan akhirnya sulit atau bahkan tidak mampu terbayar.

2. Kartu kredit membuat kita jadi semakin konsumtif. Dengan memiliki kartu kredit, Anda tanpa sadar membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau diinginkan. Memiliki kartu kredit membuat Anda merasa mampu membeli apa saja, padahal utang mulai melilit.

Sebelum membeli sebuah barang dengan menggesek kartu kredit sebaiknya pikir seberapa butuhnya Anda dan hitung dulu uang Anda. Selain itu kadang kartu kredit memberikan poin rewards yang bisa didapat jika Anda melakukan transaksi. Karena itu, seringkali Anda rela melakukan transaksi yang sebenarnya tidak perlu hanya agar mendapat poin tambahan.

3. Kartu Kredit merusak nama baik Anda. Hal ini akan terjadi jika Anda memiliki tunggakan tagihan kartu kredit. Bank akan melakukan segala cara agar kita membayarkan tagihan tersebut, termasuk dengan mendatangkan debt collector. Bank akan melakukan apapun agar tak dirugikan, mulai dari meneror ke rumah, penyitaan barang berharga dan aset pribadi Anda.

4. Kartu kredit membuat Anda mudah ditipu. Belanja online merupakan hal yang nge-trend sekarang, karena mudah dan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Belanja online bisa dibayar dengan kartu kredit, yaitu dengan memasukkan nomor kartu kredit Anda dan barang dapat dibayarkan.

Kemudahan ini dapat berdampak negatif ketika Anda memberikan nomor rekening Anda pada orang yang tidak baik. Dengan nomor tersebut, orang lain juga bisa melakukan transasksi tanpa sepengetahuan Anda. Jadi, hati-hati ketika memberikan informasi kartu kredit Anda kepada orang atau website belanja online.

5. Kartu kredit dapat membuat Anda stress. Sifat Anda yang semakin konsumtif dan tidak sadar akan kemampuan keuangan akan membuat Anda semakin banyak berhutang. Karena hutang dan Anda tidak mampu membayarnya, Teror dari debt collector mulai datang dan nama baik keluarga tercoreng. Bank melalui debt collector mulai menyita barang hingga aset Anda dan akhirnya Anda tidak punya apa-apa.

Apakah Anda akan baik-baik saja? Atau stress menghadapinya? Jangan sampai hal ini terjadi. Meski setiap masalah ada jalan keluarnya, tapi sebaiknya Anda menghindari dampak-dampak negatif dari memiliki kartu kredit. Kartu kredit akan memudahkan dan membantu hidup Anda jika Anda bisa bersikap bijak dan disiplin dalam membayar tagihan.
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar