Sabtu, 20 Juni 2015

Perkembangan Media Sosial

Hasil gambar untuk perkembangan media sosialAwal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahun 1978 dari penemuan sistem papan buletin. Sistem papan buletin memungkinkan untuk mengunggah, atau mengunduh informasi.

 Komunikasi Sistem papan buletin memakai surat elektronik yang internetnya terhubung dengan saluran telephon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang merupakan pecinta dunia komputer.
Perkembangan media sosial pertama kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA. Pengiriman surat elektronik pertama oleh ARPA ( Advanced Research Project Agency) dilakukan tahun 1971. 1995 Kelahiran dari situs GeoCities yang melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data-data website. Kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.

1997 Muncul Media Sosial pertama yaitu Sixdegree [dot] com. Sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates [dot] com yang juga merupakan Media Sosial. Namun, Sixdegree [dot] com di anggap lebih menawarkan sebuah Media Sosial di banding Classmates [dot] com.

1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. Situs Blogger menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. Sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. Sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.

2002 Berdirinya Friendster, Media Sosial yang pada saat itu menjadi booming. Keberadaan sebuah media sosial Friendster menjadi fenomenal.

2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan. Sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.

2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya. Sehingga myspace di katakan Media Sosial yang user friendly.

2004 Lahirnya Facebook, Media Sosial yang terkenal hingga sampai saat ini. Pada saat Facebook muncul pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna. Facebook merupakan salah satu Media Sosial yang memiliki anggota terbanyak.

2006 Lahirnya Twitter, Media Sosial yang berbeda dengan yang lainnya. Karena pengguna Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.

2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social yang diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia. Termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.

2010 lahir Instagram, aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto & menerapkan filter digital. Penggunanya bisa membagikan foto ke berbagai layanan jejaring sosial lainnya melalui Instagram.

2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan Media Sosialnya yang bernama google+. Awal peluncuran, google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google, setelah itu g+ di luncurkn secara umum.

Pada perkembangannya, telah muncul ribuan jejaring sosial yang terus berkembang sampai saat ini.
sumber: @MaximaAdv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar