Sabtu, 27 Juni 2015

Tetap Nyaman Tanpa THR

Hasil gambar untuk tanpa thrDi hari lebaran, tidak semua orang mendapat THR (Tunjangan Hari Raya). Pengusaha, pegawai tidak tetap, pedagang adalah beberapa contoh dari profesional yang tidak mendapat THR di hari lebaran. Lalu bagaimana cara agar lebaran tetap dapat berjalan dengan nyaman meski tanpa THR? Berikut tips bagi Anda yang ingin tetap nyaman tanpa THR di saat lebaran.

1. Menyiapkan THR Anda sendiri. Cara terbaik untuk memiliki dana lebaran adalah dengan menyiapkan THR jauh-jauh hari sebelum lebaran. Potong beberapa persen dari penghasilan yang Anda peroleh setiap kali mendapatkan penghasilan. Anda dapat menyimpannya dalam bentuk tabungan dalam celengan atau perencanaan. Anda bisa memasukkannya ke dalam simpanan khusus seperti mengubahnya menjadi bentuk reksadana atau emas. Tunda dulu keinginan untuk mudik; carilah menu lebaran yang lebih sederhana.

2. Menggunakan dana ekstra. Umumnya, setiap keluarga memiliki dana cadangan untuk perbaikan mobil, motor, renovasi bagian rumah dan lain sebagainya. Bila ini adalah tahun pertama Anda berlebaran tanpa THR, menggunakan dana ekstra adalah jalan untuk dapat menikmati lebaran. Tapi ingat, tepati budget yang Anda rencanakan. Karena Anda pasti masih membutuhkan dana ekstra pada bulan berikutnya.

3. Mengencangkan ikat pinggang. Bagaimana jika dana ekstra telah terpakai? Sementara pada bulan tersebut Anda telah memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Langkah termudah adalah mengencangkan ikat pinggang. Pilih, pilih, dan pilih lagi keperluan yang benar-benar Anda butuhkan. Yang penting Anda sudah mengeluarkan zakat, karena merupakan kewajiban Anda.

Anda bisa membuat sendiri kue kering yang hendak dihidangkan, akan lebih murah daripada membelinya sendiri. Siapa tahu dari kerajinan Anda, Anda justru bisa berbisnis kue kering sebagai pemasukan menjelang hari raya.

Tahan keinginan untuk memenuhi kebutuhan lebaran dengan kartu kredit. Kecuali jika Anda benar-benar yakin, bahwa bulan depan mampu membayar tagihannya. Jadi meski tanpa THR, Anda masih bisa menyambut hari raya dengan ceria ya friends! Tetap semangat berpuasanya! ;)
sumber: @PritaGhozie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar