Sabtu, 20 Juni 2015

Metode Iklan Yang Sering Digunakan

Hasil gambar untuk metode iklan partisipasi>> Metode Partisipasi. Yaitu cara persuasi dengan jalan mengikut¬sertakan seseorang/orang banyak dalam suatu kegiatan dengan maksud menumbuhkan perhatian. Misalnya dengan cara mengadakan open house.






Hasil gambar untuk metode iklan built-in technique>> Metode Asosiasi. Penyajian iklan/gagasan dengan menempelkan/menumpangkannya pada obyek/peristiwa yang sedang menarik perhatian khalayak ramai. Metode ini biasa juga disebut build-in technique.


Hasil gambar untuk iklan pasta gigi
>> Metode Pay Off Idea. Yaitu upaya persuasi dengan jalan rewarding (memberi harapan-harapan baik atau iming-iming yang menggiurkan). Misalnya menyarankan menggunakan pasta gigi merk tertentu agar gigi menjadi lebih bersih dan kuat.

>> Metode Fear Arrousing. Yaitu kebalikan dari metode pay off idea tadi. Metode ini justru menggunakan cara punishment (menakut¬nakuti atau menggambarkan konsekuensi buruk). Misalnya dinyatakan bahwa gigi kita akan keropos apabila tidak digosok dengan pasta gigi merk itu.

>> Metode Cognitive Dissonance. Persuasi dengan menggunakan gejala-gejala hidup manusia yang tidak ada kesesuaian antara pendapat serta sikap dengan perilakunya. Contoh: jika seseorang tahu bahwa setiap hari ia harus me-nyikat giginya minimal tiga kali, tapi la tidak melakukannya.

Di sini telah terjadi disonansi. Untuk mengurangi disonansinya, orang demikian selalu mencari dalih/alasan. Maka untuk tidak terjadi disonansi pada orang-orang demikian, perlu adanya Iklan yang tepat. Yaitu Iklan yang menganjurkan pemakaian pasta gigi merk lain yang tidak perlu menyikat giginya tiga kali sehari.

>> Metode Icing Device, yaitu cara persuasi dengan menggunakan emotional appeal. Barang yang kualitasnya sama kadang bisa lebih menarik jika diberi bungkus yang lebih indah, etiket yang baik, & disajikan dengan lebih menawan.

>> Red Hearing Technique, persuasi dengan jalan mengelakkan argumentasi bagian-bagian yang lemah. Kemudian dialihkan sedikit demi sedikit kepada bagian-bagian yang kita kuasai/bagian di mana kita berada dalam posisi yang kuat. Cara ini biasa juga disebut Canalizing ofargumentation.

Demikian sharing mengenai metode iklan yang umum digunakan. Semoga bermanfaat!
sumber: @JagoJualanID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar