Sabtu, 27 Juni 2015

Manfaat Hidup Hemat

Hasil gambar untuk manfaat hidup hematHemat pangkal kaya. Apakah Anda sering mendengar pepatah tersebut? Kalimat itu sebenarnya mengingatkan pentingnya hidup hemat yang nantinya bisa membuat hidup Anda lebih bahagia. Hidup hemat dapat membuat Anda lebih bahagia, karena memiliki banyak manfaat. Berikut 3 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hidup hemat.

1. Banyak uang yang bisa di tabungkan dan bisa di gunakan untuk kebutuhan lain. Maksudnya adalah, kondisi keuangan akan menjadi lebih stabil karena dikelola dengan baik. Dengan berhemat Anda sudah berhasil mengelola pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Tidak pernah sekalipun terjadi lebih besar pasak daripada tiang, atau lebih besar pengeluaran dari pendapatan. Sehingga ada uang yang bisa ditabung untuk digunakan pada kebutuhan lain, atau bahkan untuk bersenang-senang.

Hidup hemat sangat tergantung dengan sebaik apa perencanaan keuangan yang Anda lakukan. Jika pengelolaan uang tak dilakukan dengan baik, ada banyak uang terbuang sia-sia untuk dipakai pada hal yang tidak perlu.

2. Hidup hemat dapat menjadi pembuka finansial yang baik di masa depan. Bagi Anda yang sudah bekerja, mungkin tidak asing lagi dengan istilah “Gaji berapa pun tidak akan pernah cukup”. Kalau hidup Anda boros dan konsumtif, mungkin hal itu akan menjadi kenyataan.

Tapi jika Anda hemat, semakin besar gaji, semakin besar uang yang bisa ditabung dan bisa dimanfaatkan. Dengan tabungan Anda, Anda bisa membuatnya menjadi modal usaha atau investasi yang bisa dimanfaatkan di hari tua. Kalaupun tidak mau dipakai, hasil berhemat itu bisa disimpan sehingga yang sewaktu-waktu bisa dipakai sebagai dana darurat.

3. Terjauh dari masalah finansial dan stress. Satu keunggulan lain yang bisa dirasakan kalau menerapkan pola hidup hemat adalah terhindar dari stres. Sebagai contoh; bagi orang boros, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya yang begitu banyak adalah dengan berutang. Bila itu dilakukan secara terus menerus, tentu utang yang dimiliki akan semakin menumpuk dan sulit untuk dilunasi.

Tak jarang ada istilah "Gali lubang tutup lubang" dalam hidup jika Anda melakukan pemborosan. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada orang yang pintar berhemat. Karena itulah Anda akan lebih tenang menjalani hidup. Kalaupun sampai harus berutang, itu tak akan menyulitkan karena sudah disiapkan dengan baik jadi tidak ada hutang tertunggak.

Jika Anda berhemat lalu tidak stress dan bisa menikmati hari tua dengan baik, tentunya Anda akan lebih bahagia kan? Dimasa depan Ketika orang lain sedang pusing memikirkan hidupnya yang begitu boros, justru Anda mampu menikmati hidup. Jadi, Lebih baik Hidup Hemat Atau Boros?

Sebenarnya hidup hemat bukan hanya berbicara tentang uang atau bagaimana cara Anda dapat menabung. Konsep hidup hemat sendiri harus dibiasakan dan mesti menjadi salah satu pola hidup Anda. Menabung hanya sebagian kecil dari cara hidup hemat. Hemat adalah kondisi dimana Anda mementingkan efektifitas dan efisiensi suatu hal.
sumber: @PritaGhozie

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin hidup hemat, ternyata keluarga kerajaan juga menerapkannya loh dalam kehidupannya. Kalo kita ga nerapin, malu dong sama mereka. Mau tau keluarga kerajaan mana yang sehari-harinya hidup hemat? Cek di sini: kebiasaan hemat keluarga kerajaan

    BalasHapus