Senin, 21 Desember 2015

10 Keterampilan Komunikasi Setiap Pengusaha


Hasil gambar untuk keterampilan berkomunikasi

Bertentangan dengan penggambaran mereka dalam budaya pop, pengusaha adalah tidak murni "ide orang," memimpikan konsep baru yang revolusioner dan instropeksi datang ke kesimpulan yang mendalam tentang industri mereka. Sebaliknya, pengusaha menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka di parit, bekerja keras dengan orang lain untuk membuat ide-ide menjadi kenyataan. Bagaimana pengusaha berkomunikasi cenderung mendikte apakah atau tidak mereka akhirnya berhasil; bahkan ide-ide besar dapat menggelepar jika seorang pemimpin tidak berkomunikasi secara efektif.

Ada yang mengatakan, komunikasi lebih dari sekedar "komunikasi" - sebenarnya ada beberapa keterampilan yang berbeda dalam subjek yang harus Anda kuasai, kadang-kadang secara independen :

1.
Bercakap-cakap

Percakapan adalah salah satu bentuk yang paling dasar
dari komunikasi, tetapi jangan sampai meremehkan hal ini. Contoh sederhana, percakapan ramah dengan karyawan Anda dapat membangun kepercayaan dan mengekspos masalah sebelum mereka menjadi serius. Hal berbahaya dari obrolan ringan dengan orang asing bisa berubah menjadi peluang penjualan. Belajarlah untuk berbicara dalam cara yang ramah yang dapat Anda terapkan untuk setiap situasi.

2. Bahasa Tubuh

Di dunia ini banyak komunikasi nonverbal, sehingga menguasai bahasa tubuh Anda dalam presentasi adalah suatu keharusan. Dalam situasi apa pun, hal seperti postur - duduk atau berdiri tegak dengan bahu Anda kembali dan kepala Anda tinggi dan lurus. Lihatlah orang di matanya. Jangan gelisah. Jauhkan tangan Anda dari saku Anda. Dan ini hanya dasar-dasar! Menguasai bahasa tubuh dapat memungkinkan Anda untuk memerintah sebuah ruangan.

3. Menulis

Anda tidak perlu menjadi seorang penulis yang sempurna, tapi Anda perlu belajar untuk menjadi langsung dan ringkas dalam bentuk tertulis. Anda akan mengirim email dan SMS
kepada orang di dalam dan di luar organisasi Anda secara teratur, dan itu penting bahwa Anda berkomunikasi dalam ide-ide Anda dengan jelas di media ini, dengan peluang untuk salah tafsir sangat minimal.

4. Menyajikan

Anda akan menyajikan
sesuatu dalam format yang berbeda sebagai pengusaha, tetapi mereka dapat secara kolektif dikelompokkan menjadi satu keterampilan. Anda mungkin menyajikan keuangan perusahaan kepada karyawan atas atau investor. Anda dapat hadir di pelayanan bisnis ke pembeli yang tertarik. Anda bahkan dapat memberikan pidato tentang kewirausahaan di sebuah acara. Dalam semua kasus ini, kejelasan, keringkasan, kepercayaan diri dan ketenangan menjadi kunci dari itu semua.

5. Negosiasi

Anda harus bernegosiasi untuk hampir semua hal dalam bisnis, sehingga negosiasi Anda lebih baik,
maka bisnis Anda akan lebih sukses. Anda akan mampu mengamankan hal yang lebih baik untuk sewa kantor Anda, gaji yang lebih masuk akal bagi karyawan yang paling berbakat dan bahkan lebih banyak pilihan menguntungkan untuk klien utama Anda. Negosiasi yang efektif lebih dari sekedar menggunakan kata yang tepat; itu mempekerjakan waktu, pengetahuan tentang fakta-fakta yang tepat dan kemampuan untuk tetap percaya diri selama proses berlangsung.

6. Mediasi

Meskipun peran Anda sebagai mediator akan
sering kurang diperlukan dari peran Anda sebagai converser misalnya, akan ada saat-saat ketika Anda harus melangkah dan menyelesaikan konflik. Mungkin antara dua karyawan dengan perbedaan pendapat tentang sesuatu yang berhubungan tanggung jawab. Atau mungkin antara dua vendor yang bersaing yang menderita dalam komunikasi. Dalam hal apapun, Anda harus mengakui kedua belah pihak dan membantu mereka bekerja di luar masalah mereka sendiri.

7. Debati
ng

Berdebat di sini tidak memerlukan berdebat. Ini bisa menjadi diskusi yang sehat dari dua atau lebih pilihan alternatif
yang produktif. Tugas Anda dalam debat bukan untuk menang melawan musuh - itu untuk menyajikan kasus Anda, dan menjelaskan opini. Melakukan hal itu, apakah Anda sedang berhadapan dengan investor, mitra atau karyawan, dapat membantu Anda menjelaskan ide-ide Anda dengan kekuatan yang lebih besar disertai kejelasan.

8. Memimpin

Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemimpin yang multifaset, tapi dari perspektif komunikasi, tanggung jawab terbesar Anda
yang harus anda tanamkan, keyakinan kepercayaan dan gairah dalam tim Anda. Anda akan menginspirasi orang melalui pesan setiap hari, publik dan swasta, dan mempertahankan ketenangan Anda sebagai pemimpin  diseluruh situasi tersebut adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan citra yang kuat.

9. Cross-Platforming

Bidang
komunikasi yang jauh lebih luas daripada bidang yang tersedia untuk generasi masa lalu. Panggilan telepon, teks, email, video chatting, pesan instan dan media lainnya yang semua biasa, dan Anda harus tahu aplikasi mana yang tepat. Memilih media yang tepat dan menerapkan dengan benar adalah kuncinya.

10. Mendengarkan

Mendengarkan mungkin
adalah keterampilan komunikasi yang paling penting dari semua ini, karena mengikat ke dalam begitu banyak aplikasi dan situasi. Mendengarkan secara aktif dapat membantu Anda berkomunikasi, debat, memimpin, bernegosiasi dan mediasi, dan itu membuat Anda tampak lebih bijaksana, empati dan diinvestasikan pada orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda memiliki penguasaan yang wajar dari 10 keterampilan komunikasi penting ini, Anda akan berada dalam posisi yang baik untuk berhasil dalam posisi Anda sebagai pengusaha. Seperti yang terjadi dengan keterampilan lainnya, tidak mungkin untuk menyempurnakan kemampuan ini tanpa berlatih; Anda harus
melatih mereka secara aktif, mengasah dan fine-tuning pendekatan Anda di sepanjang jalan. Jangan segera mengharapkan kesempurnaan; hanya lakukan yang terbaik yang Anda bisa dan menyadari bagaimana Anda menampilkan diri, dan sisanya akan datang pada waktunya.

sumber : www.entrepreneur.com/ The 10 Communication Skills Every Entrepreneur Must Master , Jayson Demers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar