Sabtu, 19 Desember 2015

Gelembung Ekonomi

Anda pasti tau tentang uang kan? tau ga nilai mata uang berbeda dengan angka yang tertera di mata uang tersebut. Misal uang 100 ribu memiliki nilai intrinsik yang berbeda, bisa lebih rendah atau lebih tinggi.

Hasil gambar untuk gelembung ekonomiGelembung ekonomi merupakan perdagangan dalam volume besar, dengan harga yang sangat berbeda dengan nilai intrinsiknya, bisa dikatakan memperdagangkan produk atau aset dengan harga yang lebih tinggi daripada nilai fundamentalnya.

Nilai intrinsik sulit dilihat dalam keadaan nyata di pasar, sehingga gelembung hanya dikenali jika harga menurun tiba-tiba. Penggelembungan harga sering terjadi di pasar saham dan pasar keuangan.

Gelembung ekonomi berbahaya, karena kalau gelembung pecah akan berakibat krisis ekonomi. Sedangkan gelembung harga tidak terlalu berbahaya, tapi tetap merugikan pihak yang terkena dampak.

Gelembung harga terjadi ketika harga ayam meningkat, tapi ternyata produsen over supply, akhirnya mereka rugi. Yang bisa dilakukan konsumen hanyalah beralih ke produk lain sebagai alternatif.

Tapi, untuk keuangan kita bisa antisipasi dengan sistem Pamflet, Perencanaan, tentukan apa yang mau kita beli saat ini. Setelah buat rencana, segera buat anggaran, usahakan anggaran bukan hanya untuk kebutuhan, tapi juga untuk keinginan.

sumber : @ngaturduit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar