Minggu, 27 Desember 2015

Ibu Rumah Tangga Berinvestasi

Hasil gambar untuk ibu rumah tangga berinvestasi
Nah jika Anda seorang ibu rumah tangga berikut ini alasan yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi.

1. Tanggung jawab dalam anggaran belanja/budgeting.
Ibu rumah tangga biasanya bertanggung jawab dalam anggaran belanja sehari-hari. Belanja dapur, uang sekolah anak, tagihan listrik, biaya bensin dan tol memang sangat penting. Tapi investasi adalah mengerem konsumsi hari ini untuk masa depan. Jangan lupa sediakan budget untuk tabungan dan investasi.

2. Pendidikan Anak.
Beberapa sahabat memilih untuk berhenti kerja untuk kepentingan anak dan keluarga. Anak adalah prioritas orang tua. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk mereka.

Dengan inflasi biaya pendidikan yang cukup tinggi di Indonesia, tentu saja biaya pendidikan perlu kita siapkan sejak dini. Jika hanya disimpan di tabungan dan deposito, tentu tidak akan mampu mengejar kenaikan dana pendidikan.

Tidak hanya menemani mengerjakan PR dan mengantar les, seorang ibu perlu lebih cerdas dalam menentukan instrumen investasi. Kelak investasi tersebut akan memenuhi dana pendidikan anak-anaknya.

3. Waktu yang fleksibel.
Ibu Rumah Tangga adalah profesi yang membutuhkan komitmen total, dan waktu kerja 24 jam non-stop dengan tanggung jawab berat. Memang, pekerjaan rumah dan mengurus anak selalu terasa tidak ada habisnya. Tapi, profesi ini juga tanpa Bos, tanpa keharusan untuk datang ke kantor dari pagi hingga petang.

Mari manfaatkan waktu luang di sela-sela rutinitas rumah tangga. Dengan akses internet dan handphone andalan, anda selalu dapat mencuri waktu untuk belajar. Ilmu investasi sangat menarik, artikel dan bahasan tentang berbagai instrumen keuangan tersebar gratis di jagad internet.

Dengan menyisihkan waktu untuk belajar anda akan lebih baik dalam mengelola keuangan keluarga. Anda tidak perlu menjadi trader, atau investor kelas kakap jika tidak menginginkannya. Tapi anda perlu menjadi investor dan pengelola keuangan terbaik bagi keluarga anda.

4. Komunitas yang kuat.
Manfaatkanlah untuk saling berbagi ilmu, jangan ragu untuk berdiskusi tentang investasi. Inilah kekuatan para perempuan: berbagi dan berbagi.

5. HAnya Perlu Selembar Aja sehaRI! Inilah mantra dalam berinvestasi.
Cobalah dengan berinvestasi sebesar Rp 300.000 sebulan secara rutin di produk reksadana saham (asumsi return 20% per tahun). Selama 10 tahun uang itu akan menjadi sekitar Rp 114.000.000!

Jika dimasukkan ke tabungan jumlahnya hanya akan menjadi sekitar Rp 39.000.000. That's the magic of compound interest. 300 ribu mungkin hanya sekedar harga sebuah blus cantik. Tapi jika diinvestasikan secara rutin, pasti menjadi 'sesuatu'.

6. Komitmen.
Begitu anda memutuskan untuk mulai belajar dan berinvestasi rutin, jangan berhenti. Komitmen sangat penting untuk memastikan anda dapat memenuhi kebutuhan di masa depan.

Jadi, siapa bilang ibu rumah tangga hanya bisa berbelanja? 
Mari buktikan meski berkutat di kawasan domestik dan menghabiskan waktu bersama anak pun, kita tetap bisa berinvestasi.

sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar