Minggu, 27 Desember 2015

Beberapa Hal Yang Membuat Keuangan Lebih Baik Mulai Awal Tahun

Uang memang tak bisa membeli kebahagiaan, tapi bukan berarti kita tidak mengatur dan membiarkan kondisi keuangan berantakan. Apalagi untuk Anda sudah berpenghasilan, mengatur keuangan adalah bagian dari ikhtiar untuk menjadikan hidup lebih baik. Jika selama ini keuangan Anda berantakan, maka awal tahun menjadi momen yang pas untuk menjadikan posisi keuangan yang baik.

A. Memiliki good money habit.
Hasil gambar untuk good money habitGood money habit adalah pondasi terpenting dalam mencapai kesejahteraan finansial. Yang paling penting dalam rencana keuangan agar tercapai adalah kemampuan dan komitmen untuk menabung dan berinvestasi.

Kemampuan dan komitmen adalah dua unsur yang tidak bisa dipisahkan. Mampu, punya dananya, tapi tidak disiplin, saya pastikan gaji hanya melayang untuk hal-hal yang bukan prioritas hidup. Punya komitmen tapi sumbernya tidak cukup, artinya kita hidup diluar batasan kemampuan kita.

Salah satu contoh good money habit adalah mengetahui dengan pasti untuk apa saja uang dihabiskan setiap bulannya. Memiliki penghasilan yang lebih besar daripada pengeluaran. Tidak boros dalam pengeluaran, Lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan semata. Selalu berencana sebelum membeli sesuatu, tidak selalu dengan bantuan berutang.

Seseorang dapat dikatakan memiliki good money habit jika mampu membayar dirinya terlebih dahulu daripada kepentingan lain. Anda akan merasa sayang apabila penghasilan yang diterima habis dalam sekejap hanya untuk belanja impulsif.

Karakter ini tidak dapat dimiliki dalam sekejap. Namun, harus dibangun perlahan demi perlahan sehingga akan lebih kokoh. Itulah sebabnya, penting sekali kita mengajarkan arti uang sedari dini untuk anak. Sumbernya apa? Tentu saja karena terlalu banyak konsumsi yang umumnya berasal dari belanja impulsif.

Untuk yang merasa sudah terlambat, tidak pernah ada kata terlambat untuk merubah kebiasaan kita dalam mengelola penghasilan. Apa jadinya jika tidak punya good money habit? Dalam jangka pendek, umumnya kita dapat menumpuk utang kartu kredit.

B. Selain Good Money Habit, cara lain untuk membuat keuangan lebih baik di tahun baru nanti adalah Memiliki anggaran bulanan.
Hasil gambar untuk anggaran bulananHal yang sangat membantu adalah memiliki anggaran setiap bulan untuk pemasukan uang dan pengeluaran uang. Setiap bulan, alokasikan penghasilan Anda untuk pos pengeluaran seperti berikut ini.

1. Zakat.
Sebagian dari harta kita adalah milik orang lain. Dalam Islam, telah diatur bahwa ada zakat maal, zakat fitrah, dan juga zakat profesi. Kecuali zakat fitrah, nilainya adalah 2.5% dari penghasilan/nominal aset yang sudah terhitung harus dikeluarkan zakatnya.

2. Bayar pinjaman.
Dalam pengelolaan keuangan secara syariah, tujuan meminjam dan bagaimana kemampuan untuk bayar pinjaman adalah hal penting. Itu sebabnya, utang kartu kredit bisa agak menyesatkan, karena tujuan meminjamnya itu tidak bisa dikontrol oleh pemilik dana.

Apalagi utang ini tanpa agunan, sangat mengerikan jika ternyata Anda tidak mampu bayar. Karena tidak ada aset yang bisa dilikuidasi untuk menutup saldo pinjaman. Ingat lho, pinjaman ini bisa diwariskan kepada anak-anak kita yang pastinya akan membuat hidup mereka semakin sulit.

3. Dana Darurat.
Karena takdir adalah milik Allah SWT semata, yang bisa kita lakukan adalah menyisihkan penghasilan untuk masa-masa sulit.

4. Belanja.
Belanja untuk keperluan rutin bulanan memang harus bisa dibayar pakai uang penghasilan sendiri. Bukan uang dari pinjaman dana tunai, atau uang orang tua.

5. Menabung & Investasi.
Pentingnya berinvestasi sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Uang sisa Rp. 100,000 jika tidak diinvestasikan, pasti akan habis juga kan? Dan sayangnya, tidak jadi apa-apa.

Agar anggaran setiap bulan dapat berjalan sesuai rencana, maka usahakan untuk melakukan alokasi di awal bulan.

Metode untuk pengelolaan uang dapat menggunakan bantuan beberapa rekening. Dalam bentuk kartu ATM sekaligus kartu debit dan kartu uang elektronik. Usahakan untuk disiplin dalam pengaturan uang, agar rencana yang telah disusun dapat tercapai.

Jadi, money can't buy happiness. Tetapi, uang bisa membantu membeli baju yang cantik, sehingga membuat hidup Anda menjadi lebih indah lagi.

sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar