Sabtu, 12 Desember 2015

Hanya Butuh 3



Permasalahan standar yang dipertanyakan oleh mereka yang akan menggunakan jasa financial planner adalah apa saja rencana keuangan yang saya butuhkan dan mahal tidak sih bayar jasa perencana keuangan? 

Kali ini akan dicoba untuk menjawab keduanya yaitu Anda akan tahu apa rencana keuangan yang Anda butuhkan dan otomatis biaya menjadi efisien karena tidak semua rencana keuangan diambil. 

Dengan asumsi Anda sebagai sebuah keluarga, maka perencanaan keuangan harus berhubungan dengan keluarga juga. Maka perencanaan utama yang harus kita miliki sebagai sebuah keluarga adalah: 

Perencanaan keuangan pendidikan anak.
Perencanaan keuangan pensiun atau hari tua.
Perencanaan keuangan proteksi. Cukup 3 perencanaan keuangan utama ini. 

Jadi kalau nanti Anda ingin menggunakan jasa perencana keuangan, cukup minta 3 hal penting ini sebagai dasar. Kalau mau tambah yang lain sih oke saja seperti rencana pembelian rumah, rencana ibadah dll. Tapi yang harus dimiliki sebagai dasar hanya 3 ini. 

Hasil gambar untuk proteksiBila kita perhatikan ada 2 investasi dan 1 proteksi. Nah bila ternyata Anda belum mampu untuk mempersiapkan ketiganya, maka yang harus Anda miliki sebagai keharusan adalah perencanaan proteksi. Sedangkan bila Anda sudah memiliki anak, maka prioritas adalah pendidikan anak dan proteksi.

Perencanaan proteksi menjadi penting karena proteksi adalah pelindung pencapaian tujuan Anda. Jadi bisa dikatakan bila kita sudah berani punya tujuan, sebagai jaminannya adalah proteksi agar tujuan tadi pasti tercapai. 

Hasil gambar untuk pendidikan anakPendidikan anak didahulukan sebelum pensiun sebagai wujud tanggung jawab pada orang yang kita cintai dan masa depan anak dan Anda.

Sedangkan pensiun masih bisa dikesampingkan sebab bila Anda bekerja sebagai karyawan maka minimal ada uang pesangon saat Anda pensiun. Kalau Anda wirausaha, Anda punya asset yang bisa di likuidasi. 

Dengan demikian, cukup 3 tujuan yang Anda ajukan kepada financial planner untuk dibuatkan, sekaligus merupakan rencana dasar yang harus dimiliki keluarga. 

Otomatis biaya menjadi ringan khususnya bila Anda meminta jasa perencanaan keuangan ke perusahaan yang bisa memberikan jasa secara ritel dan tidak harus komprehensif semua. 

Sebagai gambaran saja, beberapa planner mematok biaya rencana komprehensif mulai dari 15 juta - 30 juta yang terdiri dari 5 - 8 rencana keuangan.

Katakan bila Anda hanya minta 3 diantaranya, maka sudah pasti nilai yang harus Anda bayarkan menjadi lebih efisien.

Katakan bila 5 rencana adalah 15 juta, maka Anda hanya harus bayar 9 juta untuk rencana yang benar-benar Anda butuhkan. 

Jadi tidak perlu bayar mahal untuk jasa perencanaan keuangan, sepanjang Anda tahu apa yang Anda butuhkan.

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar