Minggu, 27 Desember 2015

Gaji Bulanan Habis Di Tengah Jalan

Hasil gambar untuk gaji habis tengah bulanBulan Desember adalah waktunya pengeluaran untuk kado natal. Alokasikan pembelian kado natal dari Tunjangan Hari Raya atau bonus akhir tahun yang diperoleh. Usahakan alokasi maksimal adalah 20% dari jumlah uang yang diterima. Bayarlah lunas dengan kartu debit agar Anda tidak memiliki utang diawal tahun 2016.

Fenomena gaji bulanan habis ditengah jalan sering dirasakan oleh banyak masyarakat terutama yang tinggal di kota besar. Ternyata, bukan mereka bergaji Rp. 10 jutaan, tapi setelah tanggal 10 setiap bulannya, keuangannya keluarga berstatus koma! Jadi, bagaimana mau mengisi rekening investasi atau tabungan, untuk hidup sehari-hari saja mungkin terpaksa berutang.

Apa sebetulnya akar permasalahannya? Pemasukan yang kurang atau pengeluraan yang terlalu besar? ada 2 masalah klasik yang membuat gaji sering habis ditengah jalan.

1. Tidak bisa membedakan antara simpanan, tabungan, dan investasi.
Kebanyakan karyawan menerima gaji di sebuah rekening “tabungan”. Namun coba periksa lagi, berapa banyak jumlah mutasi debit yang Anda lakukan dibandikan mutasi kredit? Rata-rata mungkin akan menjawab mutasi debit. Padahal, tabungan itu harusnya banyak mutasi kredit.

Tabungan harusnya didebit sesekali saat untuk mendanai tujuan finansial yang telah ditetapkan. Jadi, yang selama ini Anda anggap tabungan, sebetulnya hanyalah simpanan yang memang harus habis setiap bulannya. Tak heran kan saldo tabungan habis terus? Bahkan sebelum ada kredit yang masuk.

2. Gaya hidup tinggi.
Tak bisa dipungkiri, ini adalah penyakit yang belum ada obatnya terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar. Susah sekali untuk tidak mengikuti perkembangan gaya hidup alias lifestyle. Anda harus bisa menentukan berapa banyak dari gaji bulan ini yang mau dipakai untuk senang-senang sekarang dan di masa nanti.

Punya gaya hidup tentu saja hak semua orang, apalagi mereka yang sudah bekerja keras untuk memperoleh penghasilan. Tapi dengan menyisihan gaji bulan ini untuk ditabung/investasi, Anda juga akan menggunakan uangnya di masa mendatang. Kita harus ingat bahwa kegiatan menabung dan berinvestasi ini suatu saat dananya akan digunakan.

sumber : +ZAPFinance TV 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar