Rabu, 30 Desember 2015

Punya Keinginan Untuk Kuliah Lagi?

Hasil gambar untuk kuliah
Mungkin ada diantara kita yang belum sempat menyelesaikan kuliah karena sibuk bekerja, Atau ada yang sudah selesai kuliah tapi ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya (S2 atau S3).

Untuk melanjutkan kuliah, kita tentukan dulu apa tujuan kita melanjutkan kuliah, Karena beda tujuan, beda pula dana, waktu dan sumber dana untuk kuliah.

Melanjutkan kuliah memang tidak salah, karena bisa untuk menambah ilmu, mengasah keterampilan dan memperluas koneksi. Meskipun menambah ilmu, mengasah keterampilan dan memperluas koneksi bisa juga kita dapat di tempat lain selain kuliah.

Lalu bagaimana dengan dana, ada beberapa sumber dana untuk kita melanjutkan kuliah.

Yang pertama dari gaji, bisa dari pertama masuk kerja kita menabung untuk melanjutkan kuliah. Pos anggaran kita yang tadinya 50-30-10-10 (biaya hidup, hutang, investasi, dan sosial) bisa kita rubah sedikit. Menjadi, 30% yang harusnya buat hutang, bisa kita ganti dengan biaya kuliah/kursus.

Yang kedua Usaha, kita bisa mencari usaha sampingan untuk membiaya kuliah. Tapi perlu diingat, dengan usaha maka pikiran kita akan terbagi antara kerja, usaha dan belajar.

Yang ketiga kantor, ada beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas dana pendidikan ini untuk karyawannya. Kalau tidak ada, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman ke kantor untuk kuliah. Jika sesuai profesi dan kinerja kita baik, maka kantor akan dengan senang hati memberikan pinjaman ini.

Jadi sebelum memutuskan melanjutkan kuliah, kita lihat dulu tujuan dan lingkungan kita.

sumber : @ngaturduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar