Sabtu, 12 Desember 2015

Hutang Sebagai Investasi dan Investasi Sebagai Hutang



Utang dan investasi adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari perencanaan keuangan. Secara hirarki keduanya adalah kegiatan yang berseberangan. Utang untuk masa lalu dan investasi untuk masa depan. 

Namun untuk hal-hal khusus keduanya bisa menjadi tindakan yang rancu karena utang bisa untuk masa depan atau investasi ternyata untuk masa lalu. 

Hasil gambar untuk kprSebagai contoh mudah, pemilikan asset produktif dengan cara utang adalah jenis utang sebagai investasi. Atau pinjaman biaya pendidikan yang tujuannya untuk keberhasilan pendidikan di masa depan adalah contoh lainnya.

Sehingga secara mudah bisa kita ambil suatu kesimpulan; ketika utang kita lakukan untuk mendapatkan asset yang produktif. Atau asset yang akan meningkat nilainya. Atau memberikan manfaat produktif di masa depan (pendidikan; maka bisalah kita sebut dengan utang sebagai investasi). 

Bagaimana dengan investasi sebagai utang? Mungkin agak sulit kita bisa mengerti. Investasi kan untuk masa depan bagaimana bisa mempengaruhi masa lalu? 

Mungkin contoh mudah ini bisa sebagai gambaran… 

Hasil gambar untuk dana pendidikan anakPersiapan pendidikan anak yang Anda lakukan tanpa mengerti tujuan dan produk yang tepat, memang memberikan hasil berupa sejumlah dana yang bisa digunakan.

Bila dana yang terkumpul tadi hanya sekedar untuk mendapatkan hasil pendidikan yang disesuaikan dengan biaya yang ada (misal karena hanya dapat dana 30 juta maka sekolah yang dipakai adalah sekolah kelas C). Bahkan sekolah kelas C tadi bisa diperoleh orang lain yang tidak harus investasi untuk mencapainya. 

Padahal bila produk yang dipilih tepat dan tujuan lebih pasti, seharusnya bukan sekolah menyesuaikan hasil; tapi hasil harus bisa mencapai tujuan sekolah tadi. 

Nah dari contoh sederhana kita, bisa dilihat kesimpulan investasi sebagai utang adalah ketika investasi tadi memberi hasil tidak sesuai dengan kenaikan tujuan, maka investasi tadi meninggalkan utang. 

Utang berupa tambahan dana yang harus disiapkan untuk mencapai tujuan tertentu (misal ternyata anak meminta sekolah di kelas A) Maka kita harus menambah dana lagi untuk mencapai sekolah kelas A tadi. Juga utang berupa hilangnya opportunity untuk mendapatkan hasil bagus di produk lain karena sudah terikat di produk pertama. 

Contohnya, tabungan pendidikan adalah tabungan yang menawarkan gambaran tujuan indah tapi hasil yang tidak seindah gambaran tadi. Waktu untuk menabung yang lama, ternyata hasil tidak seberapa dan selama waktu tadi kita kehilangan kesempatan untuk invest di tempat lain karena sudah terikat kontrak. 

Jadi jelaslah bahwa investasi yang buruk akan meninggalkan beban ke kita dan akibatnya menjadikan utang buat kita. "Investasi sebagai utang".

sumber : @kokiduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar