Rabu, 30 Desember 2015

Smartphone

Hasil gambar untuk smartphoneBanyak orang memiliki lebih dari satu ponsel, tapi seberapa mahal harga ponsel tersebut dan apa hubungannya dengan keuangan?

Memiliki ponsel lebih dari satu merupakan hal yang wajar dijaman sekarang. Ditambah harga smartphone semakin murah, juga kebutuhan yang semakin meningkat dalam penggunaan ponsel. Ada yang ponsel khusus buat telephon, internet atau bahkan khusus buat game.

Nah pertanyaannya sekarang adalah, apa kita bisa me-ngerem keinginan kita tersebut? Apakah dari banyaknya ponsel tersebut menghasilkan pendapatan? Dan berapa yang kita hasilkan?

Sebagai contoh ponsel seharga 1 juta dan menghasilkan 3 juta dalam sebulan berarti kita memiliki penghasilan lebih sedikit dari UMR. Padahal kalau mau sehat kita harus memiliki 50% dari pendapatan, dan biaya itu sudah termasuk makan, transport dan kebutuhan lain.

Mungkin ada yang beli ponsel menggunakan kartu kredit, jadi bisa nyicil tiap bulan. Tapi dari kartu kredit tersebut apa sudah dihitung bunganya tiap bulan?

Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak jadi "budak tren"?

Kita mulai dengan memacu diri supaya lebih produktif, atau cari ponsel 10% dari total pendapatan kita. Atau dibalik pendapatan kita harus lebih besar 10% dari harga smartphone kita.

Hal ini bisa jadi masukan agar keuangan kita bisa lebih bermanfaat dari sekedar ganti-ganti smartphone.

sumber : @ngaturduit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar