Minggu, 27 Desember 2015

Bagaimana caranya agar menjadi kaya?

Hasil gambar untuk cara menjadi kaya
1. Melakukan Financial check up.
Suka atau tidak, langkah pertama menjadi kaya adalah melakukan financial check up. Ayo catat pengeluaran Anda selama 3 bulan terakhir.

Buatlah yang namanya 30 Days Cashflow, yang langsung membagi pengeluaran Anda untuk 4 hal ini. Pertama, Tabungan & Investasi. Kedua, Biaya hidup rutin. Ketiga, Cicilan utang. Terakhir, Biaya gaya hidup

Kalau Anda hobi makan malam atau kongkow di kafe, berapa pengeluaran untuk acara nongkrong tersebut setiap bulan? . Jangan kaget kalau ternyata angkanya mencapai 40% dari gaji sebulan!

2. Buatlah daftar aset dan utang yang Anda miliki saat ini.
Untuk aset, bagilah menjadi aset lancar, aset konsumsi, dan aset investasi.

Tabungan operasional, kas kecil, dan deposito bisa masuk ke aset lancar. Rumah, mobil, perhiasan emas, akan masuk ke aset konsumsi. Sedangkan reksadana, saham, ORI, Sukri, dan unit link tergolong aset investasi.

Kurangi total aset yang dimiliki dengan total saldo utang Anda. Jika selisihnya negatif, secara sederhana mengatakan “Mohon maaf, Anda miskin”.

3. Siapkan Aset Finansial.
Anda harus punya aset finansial yang jumlahnya cukup untuk menutupi pengeluaran rutin bulanan hingga Anda meninggal dunia.

Sebagai contoh, jika biaya hidup Anda sebesar 5 juta sebulan, dan Anda punya sawah yang menghasilkan panen 4 juta sebulan. Artinya Anda sudah 90% menuju status tetap kaya. Anda hanya perlu bekerja cari penghasilan untuk 1 juta lagi, sisa penghasilan bisa untuk investasi dan sesekali hura-hura.

Kalau Anda masih jauh dari usia pensiun, usahakan pilihan investasi Anda di aset dengan potensi return diatas 15% per tahun. Misalnya seperti logam mulia, reksadana campuran atau saham, saham biasa, dan bisnis. Nanti, 3 tahun sebelum pensiun, konversi aset tersebut ke instrumen yang bisa memberikan arus kas bulanan seperti Deposito.

Tujuan finansial kita adalah memiliki aset lebih besar dari utang dan bisa menutup pengeluaran rutin bulanan. Inilah kondisi yang disebut tetap kaya, tanpa perduli berapa gaji kita dan berapa banyak rumah yang kita punya.

Marilah kita menjadi orang kaya yang sesungguhnya untuk mencapai hidup indah dan sejahtera.

sumber : +ZAPFinance TV 

1 komentar:

  1. program yang cukup menarik tuan, dimana yang ane lihat dari broker ACY ini menyediakan fasilitas kursus online dan juga tingkat keamanan dana nya terpercaya, namun leverage dari ACY ini kecil gan, jadi ane kurang minat. saran ane sih coba dibesarin leverage nya biar banyak trader yang akan mencoba bergabung ke ACY.

    BalasHapus